Sunday, April 26, 2020

Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

     1. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Sistem adalah suatu rangkaian yang terdiri dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan, berinteraksi, berhubungan untuk mencapai sebuah tujuan.
Informasi yaitu suatu pengumpulan data yang sudah melalui proses atau sudah diolah.
Akuntansi adalah proses pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran.
Data adalah sebuah fakta yang belum diproses. Kita tidak dapat menjadikan data mentah sebagai informasi.

Sedangkan Informasi adalah data yang sudah diproses.
Sehingga, pengertian dari Sistem Informasi Akuntansi ialah suatu sistem informasi yang mengubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.


     2. Elemen / Komponen SIA
Elemen atau komponen dari SIA terdiri dari :
1.      Orang-orang
2.      Prosedur-prosedur
3.      Data
4.      Software
5.      Infrastruktur teknologi informasi      
      
      3. Hirarki Data 
      Hirarki atau tingkatan data dalam SIA yaitu :
1.      File
2.      Atribut
3.      Record

       4. Fungsi SIA
1.      Memproses transaksi :  (dokumen dan prosedurnya), tiap kegiatan atau akitivitas perusahaan menjadi perhatian, seperti sumber daya, kegiatan penjualan, produksi dan keuangan.
2.      Menyediakan informasi untuk pengambil keputusan, yang ada dalam laporan keuangan.
3.      Membentuk pertimbangan pengendalian internal yang memadai, dengan memastikan keandalan informasi tersebut.

Faktor yang memengaruhi Perancangan SIA
1.      Budaya organisasi : jenis organisasi, sistem yang dipakai (komputer / manual)
2.      Strategi : dapat melihat peluang dan pesaing yang ada
3.      Teknologi informasi : software yang digunakan berhubungan dengan budaya organisasi

Peran SIA dalam Rantai Nilai (Value Chain)
1.      Aktivitas utama
2.      Aktivitas pendukung

Subsistem dalam SIA
1.      Penjualan
2.      Pembelian
3.      Produksi
4.      Penggajian dan Manajemen SDM
5.      Buku besar dan Pelaporan

Pemrosesan Transaksi
1.      Memasukan data (input)
2.      Simpan data (storage)
3.      Proses data (processing)
4.      Hasil informasi (output)

Dalam penyimpanan data, ada yang nama nya entitas, atibut, field, dan rekord.
Entitas : sesuatu yang disimpan informasi nya.
Atribut : karakteristik khusus yang harus disimpan
Field : nilai data yang disimpan dalam ruang fisik ( ruang arsip )
Rekord : catatan dari gabungan nilai data / field


Sistem Pemrosesan Data (SPD), terdiri atas proses pengubahan input menjadi output. Fungis pemrosesan data terdiri atas langkah-langkah sbb :
a.       Pengklasifikasian berdasarkan kategori yang ditetapkan
b.      Menyalin data ke dokumen atau media lain
c.       Mengurutkan atau menyusun data berdasar karakteristiknya
d.      Mengelompokkan transaksi sejenis
e.       Mengkombinasikan dua data atau lebih dalam satu arsip
f.        Melakukan penghitungan
g.       Menjumlahkan data kuantitatif
h.      Membandingkan data

Karakteristik Informasi dalam SIA
Ada beberapa karakteristik informasi dalam SIA, yaitu :
Relevan
Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. Berarti informasi tersebut mempunyai manfaat bagi pemakainya.
Informasi itu relevan jika mengurangi ketidakpastian, memperbaiki kemampuan pengambil keputusan untuk membuat prediksi, mengkonfirmasikan atau memperbaiki ekspektasi mereka sebelumnya.
menambah pengetahuan atau nilai bagi pengambil keputusan dengan mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kemampuan untuk meramalkan atau mengkonfirmasi atau membetulkan harapan sebelumnya.
-          Informasi yang relevan berkaitan dengan sejauh mana informasi tersebut dapat membuat perbedaan untuk Alternatif pengambilan keputusan.
·         informasi yang dapat mempengaruhi keputusan ekonomi penggunanya dengan membantu pengguna tersebut dalam mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini, atau masa depan, menegaskan, atau mengkoreksi hasil evaluasi pengguna di masa laiu.
·         informasi diberikan harus mempunyai manfaat sebagai dasar pengambilan keputusan sesuai dengan yang dibutuhkan.
·         memenuhi kebutuhan pemakai dlam proses pengambilan keputusan.

2.      Andal
-          Informasi itu andal jika bebas dari kesalahan atau penyimpangan.
·         Disajikan secara jujur (faithful representation), Substansi mengungguli bentuk (substance over form), Netralitas (neutrality), Pertimbangan Sehat (prudence), Kelengkapan (completeness), dan bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus atau jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.
3.      Lengkap
-       Informasi itu lengkap jika tidak menghilangkan aspek-aspek penting dari kejadian yang merupakan dasar masalah. dan tidak mengabaikan data penting. Lengkap artinya informasi harus diberikan secara lengkap.

4.      Tepat Waktu
-          berarti informasi datang pada penerima tidak boleh terlambat.
-          Informasi itu tepat waktu jika diberikan pada saat yang tepat untuk memungkinkan pengambil keputusan menggunakannya.
-          tersedia tepat waktu untuk pengambilan keputusan.
-          Ketepatan waktu sebuah informasi sangat penting, karna informasi tersebut harus tersedia pada saat dibutuhkan karma berhubungan dengan pengambilan keputusan atau kebijakan.
     Tepat waktu artinya informasi itu harus tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan.


5.      Dapat Dipahami
-          Informasi dapat dipahami jika disajikan dalam bentuk yang dapat dipakai dan jelas.
-          dalam bentuk yang dapat dimengerti.
·         dapat mudah dipahami oleh mereka yang memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas bisnis dan ekonomi, akuntansi serta kemauan untuk mempelajari informasi dengan ketekunan yang wajar.
·         kemudahannya untuk segera dapat dipahami oleh pemakai.


6.      Dapat Diverivikasi
-          Informasi dapat diverifikasi jika dua orang dengan pengetahuan yang baik, bekerja secara independen dan masing-masing akan menghasilkan informasi yang sama.
-          dapat dibuktikan kebenarannya/menghasilakan informasi yang sama dari dua orang yang saling independen.

Sifat atau Karakteristik Informasi yang Berguna
1.      Relevan
2.      Andal
3.      Lengkap
4.      Tepat waktu
5.      Dapat dipahami
6.      Dapat diverivikasi
7.      Akurat
8.      Dapat dipercaya
9.      Ringkas
10.  Jelas
11.  Dapat diukur
12.  Konsisten


J.        Diagram Arus Data (DFD)
Adalah diagram yang menunjukkan arus data atau suatu organisasi, baik proses maupun penyimpanan datanya.
Ada 4 komponen DFD, yaitu :

1.      Sumber dan tujuan data, 
2.      Arus data,
3.      Proses transformasi,
4.      Penyimpanan,


K.      Bagan Alir Data (Flowchart)
Adalah sebuah diagram simbol yang menunjukkan alur data secara berurutan pada sebuah sistem SIA.

Terdiri dari beberapa flowchart :
1.      Flowchart dokumen : bagan yang menunjukkan arus dokumen dan informasi antar departemen pada sturktur organisasi.
2.      Flowchart sistem : bagan yang menunjukkan hubungan antara input, proses dan output.
3.      Flowchart program : bagan yang menunjukkan urutan operasional logis yang dilakukan oleh komputer dalam menjalakan program.

Simbol dalam Bagan Alir (flowchart) :
a.       Input/output sistem :
b.      Penyimpanan :
c.       Proses :
d.      Simbol arus data dan lain2 :


L.      Pengendalian Fisik
1.      Menempatkan perlengkapan komputer pada ruang terkunci dan akses dibatasi hanya pada pemilik otoritas
2.      Gunakan sistem alarm keamanan
3.      Meminta ID pegawai yang sesuai
4.      Batasi akses data atas saluran telepon dan lainnya
5.      Jauhkan semua hardware dan komponen penting dari bahan yang mudah terbakar
6.      Gunakan detektor asap dan api serta pemadam kebakaran agar tidak merusak komputer

M.     Pengendalian Logis
1.      Mengakses data dan melaksanakan fungsi terntu sesuai otoritas yang diberikan
2.      Gunakan password
3.      Identifikasi melalui kepemilikan fisik
4.      Uji kesesuaian

N.     Sistem Penunjang Keputusan (SPK)/ Decision Support System (DSS)
Adalah sistem informasi berbasis komputer yang terdiri dari komponen-komponen yaitu komponen sistem bahasa (language), komponen sistem pengetahuan (knowledge), dan komponen sistem pemrosesan masalah (problem processing) yang saling berinteraksi satu sama lain, dimana output dari sistem ini berupa alternatif-alternatif solusi dari suatu masalah semi terstruktur maupun tidak terstruktur, yang digunakan oleh para pemimpin/manajer, untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Atau dapat dikatakan, suatu sistem yang menyediakan kemampuan untuk penyelesaian masalah.

O.      Sistem Pakar (SP)/ Expert System (ES)
Adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan (artificial intelegent) yang menyerupai intelegensi manusia, atau merupakan suatu sistem cerdas dimana sistem ini dapat menghasilkan suatu keputusan. Karena sistem pakar memiliki kemampuan untuk menjelaskan alur penalarannya, dalam mencapai suatu pemecahan masalah tertentu.

P.      Sistem Pemrosesan Data (SPD)
Adalah suatu sistem yang mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi sebuah informasi (hasil pengolahan).

No comments:

Post a Comment